Kamis, 20 Oktober 2011

Komunitas Seni Rancaekek

Seni adalah kata yang sangat universal bagi setiap orang yang mendengarnya terutama orang Indonesia dan serumput melayu. Wikipedia Indonesia menyebutkan "seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan". Adapun pepatah yang mengatakan di mana langit dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah yang mencerminkan dimana kita harus berbuat yang terbaik untuk tempat yang sedang kita diami atau tempat tinggal.

Beberapa kaum muda di suatu daerah bernama Rancaekek membentuk suatu komunitas yang menaungi dunia seni secara global. Komunitas ini lahir secara disengaja karena keprihatinannya terhadap daerah yang mereka tinggali kurang sekali dalam kegiatan, khususnya seni. Komunitas Seni Rancaekek nama yang di berikan dalam forum komunikasi para seniman baik berkelompok maupun individual.

Tak membutuhkan waktu yang lama KSR (sebutan umum untuk komunitas seni rancaekek) ini telah mengelar beberapa rangkaian acara, diantaranya "Warna Warni Seni Rancaekek", "Pagelaran Sunda Keliling (masih berlangsung secara rutin selama dua minggu sekali)", dan yang terbaru dimiliki KSR adalah radio online dengan jadwal yang belum teratur.

KSR ini memiliki berbagai macam divisi, diantaranya :
  • Divisi peran, dimana divisi ini bertugas untuk mengkordinasikan semua kelompok seni yang berhubunga dengan pemeranan (contoh : teater).
  • Divisi musik, divisi ini bertugas mekoordinasikan kelompok seni yang berhubungan dengan musik, tradisi maupun modern.
  • Divisi tari, bertugas untuk mengkoordinasi kelompok maupun individu yang menggeluti dunia tari.
  • Divisi seni rupa, mengkoordinasikan baik individu dan kelompok yang berhubungan dengan seni rupa.
  • Divisi kesusastraan, divisi yang mengkoordinasi para penyuka sastra baik individu maupun kelompok (contoh : puisi, cerpen, dan lainnya).
  • Divisi multimedia, divisi yang banyak mengubungkan dengan berbagai macam seni dengan alat-alat multimedia (contoh : fotograpi, film, dan lainnya)


Kaum muda yang seperti mereka yang dibutuhkan untuk daerah yang sedang berkembang.  Komunitas independen ini sedang mengurusi kelegalitasannya ke pemerintahan daerah. Meski dari sisi pemerintahan daerah banyak yang kurang mendukung (hanya mendukung secara lisan).

Tetap terus maju untuk Komunitas Seni Rancaekek sebagai forum komunikasi seni khususnya di daerah Rancaekek. Tetap semangat, hidup KSR, hidup Rancaekek.

*penulis salah satu pengurus KSR dan AkarRumput Buletin ini adalah media patner dari KSR.
 - Radio KSR bisa dicek di http://ksr.listen2myradio.com (untuk update jadwal siaran dicek di fb : Komunitas Seni Rancaekek dan Twiter : @senirancaekek & @tweetrancaekek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar